https://nganjuk.times.co.id/
Wisata

Mengenal Rest Area Heritage, Bekas Pabrik Gula Zaman Belanda di Ruas Tol Pejagan - Pemalang

Selasa, 20 Agustus 2024 - 00:33
Mengenal Rest Area Heritage, Bekas Pabrik Gula Zaman Belanda di Ruas Tol Pejagan - Pemalang Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes, Jawa Tengah, yang merupakan bekas bangunan pabrik gula era pendudukan Belanda. (Foto: ANTARA/KemenkopUKM)

TIMES NGANJUK, JAKARTA – Anda yang berkendara di Jalan Tol, tepatnya di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, harus menyempatkan mampir di rest area KM 260 B.

Rest area ini memang layak untuk disinggahi karena unik dengan bangunan utamanya adalah bekas pabrik gula yang bersejarah di Banjaratma.

Setelah gulung tikar pada 1997, kompleks pabrik gula yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektare itu ditetapkan sebagai cagar budaya.

Oleh pengelola jalan tol, pabrik gula Banjaratma pun direvitalisasi dengan penyesuaian fungsi, plus penambahan sejumlah fasilitas.

Dioperasikan sejak 17 Maret 2019, tempat ini disebut “Rest Area Heritage” karena menggunakan bangunan kuno yang disulap menjadi rest area ikonis dengan gaya retro.

Pabrik-Gula-Banjaratma-a.jpgFoto udara kendaraan parkir di rest area Km 260B jalan tol Pejagan-Pemalang, Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Menilik informasi terkait sejarahnya, pembangunan pabrik gula Banjaratma dilakukan oleh N.V. Cultuur Maatschappij salah satu perusahaan perkebunan berpusat di Amsterdam, Belanda.

Pabrik gula yang memiliki lahan seluas 10,5 hektar, dengan menghasilkan gula termurah di era Kolonial Verslag. Namun, pada tahun 1997 pabrik ini terpaksa harus gulung tikar karena tingginya biaya operasional.

Selang tak berapa lama ditutupnya pabrik gula itu, pemerintah menetapkan bangunan tersebut sebagai cagar budaya. Dengan mempertahankan kesan retro dan memanfaatkan sisa besi bekas alat proses gula, tegel kuno dan material yang didominasi bata merah tanpa plesteran menjadikan kesan manis pada bangunan tersebut. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nganjuk just now

Welcome to TIMES Nganjuk

TIMES Nganjuk is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.